perknalndiritoxmontox

Sebelum Anda membuka presentasi, atau sebelum  presentasi Anda dimulai ada satu hal penting yang perlu Anda lakukan dengan baik untuk membangun raport dan membangun kepercayaan audiens sejak Anda berdiri di hadapan mereka yaitu memperkenalkan diri.

Saya yakin banyak dari Anda tahu bagaimana memperkenalkan diri. Tapi yang jadi pertanyaan, sudahkah cara Anda memperkenalkan diri efektif? Bisa sudah bisa juga belum. Untuk memastikan perkenalan Anda efektif atau belum, ulasan ini akan membantu Anda.

Dalam banyak presentasi sering terjadi presenter menghabiskan waktu hanya untuk memperkenalkan diri. Mereka menceritakan perjalanan hidup mereka, mereka menceritakan kesuksesan karier mereka, sampai mereka tidak sadar telah menghabiskan banyak waktu hanya untuk berkenalan. Ingat presentasi itu untuk audiens, tentang audiens, bukan tentang diri kita. Jadi lakukan perkenalan Anda secara singkat namun efektif untuk membangun hubungan Anda dengan audiens dan membangun kepercayaan audiens kepada Anda sebagai presenter yang kredibel membawakan topik presentasi.

Lantas bagaimana tips memperkenalkan diri saat presentasi dengan efektif? Ada tiga langkah bisa Anda lakukan.

1. Sebutkan nama dan perusahaan Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengenalkan diri Anda kepada audiens adalah dengan menyebutkan nama dan perusahaan atau jabatan Anda. Kalau Anda tidak bekerja di perusahaan Anda bisa menyebutkan nama dan aktivitas utama yang Anda lakukan

2. Sebutkan spesialisasi Anda

Langkah yang kedua adalah dengan menyebutkan spesialisasi Anda. Anda bisa menyebutkan spesialisasi bidang yang Anda kuasai. Kalau spesialisasi Anda terlalu banyak sampaikan saja maksimal tiga dari semua keahlian yang Anda miliki. Itupun yang masih terkait dengan topik yang Anda sampaikan

3. Sebutkan beberapa hal nyata yang sudah Anda lakukan

Setelah Anda menyebutkan spesialisasi yang Anda miliki Anda bisa melanjutkan dengan menyebutkan beberapa karya atau kegiatan nyata yang sudah Anda lakukan. Hal ini akan semakin memperkuat kredibilitas Anda dihadapan audiens. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak kalimat perkenalan berikut ini.

Selamat pagi bapak dan ibu sekalian, sebelum saya mulai sharing hari ini, rasanya sangat tidak sopan jika saya tidak memperkenalkan diri. Jadi izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Rona Binham, saya adalah trainer dan founder dari rona presentasi sebuah lembaga pengembangan diri yang bergerak dalam bidang pelatihan presentasi dan public speaking

Bagi saya pribadi menguasai kemampuan presentasi dan public speaking sangat penting dalam membangun kehidupan profesional, membangun rasa percaya diri, menyampaikan ide dan gagasan serta membangun hubungan yang efektif dalam pergaulan sosial. Karena itu selama lima tahun terakhir ini saya memfokuskan diri mempelajari keterampilan ini. Dengan kerja keras, disiplin dan fokus yang tinggi akhirnya saya bisa menguasai keterampilan ini dengan mendalam.

Dalam perjalanan saya mendalami keterampilan presentasi dan public speaking saya melihat sebagian besar masyarakat bermasalah dalam hal ini. Banyak orang merasa tertekan jika harus mendapatkan kesempatan untuk presentasi, banyak orang presentasinya tidak efektif, tidak menarik dan cenderung membosankankan.

Melihat fakta tersebut saya berkomitmen untuk berbagi informasi dan pengetahuan bagaimana cara melakukan presentasi yang efektif dan menarik. Maka lahirlah ronapresentasi.com sebuah situs presentasi dan public speaking tempat di mana saya menulis dan berbagi semua hal tentang presentasi dan public speaking. Tidak hanya melalui situs, tapi saya juga telah membuat buku panduan presentasi terpraktis dan terlengkap yang mengajarkan bagaimana melakukan presentasi yang hebat, buku tersebut saat ini bisa Anda dapatkan di toko-toko buku di kota Anda. Tidak hanya dalam bentuk tulisan tapi komitmen saya juga saya tuangkan dalam kegiatan pelatihan. Sampai saat ini saya telah melatih ribuan orang dari berbagai profesi dalam training publik presentasi maupun dalam in house training presentasi.

Demikianlah tadi bapak dan ibu sekalian perkenalan singkat saya. Dengan perkenalan singkat tadi semoga bisa menjadikan kita saling kenal tidak hanya di sini tapi juga di luar nanti setelah kegiatan ini berakhir.

Untuk hasil yang terbaik, silahkan tulis draf perkenalan diri Anda, kemudian bacalah berulang-ulang, lakukan revisi jika perlu perbaikan dan terakhir mintalah umpan balik dari sahabat atau teman Anda. Jika hal ini bisa Anda lakukan dengan baik, saya yakin Anda bisa mengenalkan diri Anda dengan efektif tanpa harus kehilangan waktu dan kredibilitas Anda.

Paparan di atas adalah petunjuk bagaimana kita memperkenalkan diri kita kepada audiens. Namun dalam kondisi lain, bisa jadi perkenalan diri kita disampaikan oleh moderator. Jika ini yang Anda hadapi maka ada pendekatan lain yang harus Anda lakukan. Anda harus memastikan moderator tidak salah dalam memperkenalkan diri Anda. Untuk itu sebelum presentasi dimulai sebaiknya temui moderator dan sampaikan bagaimana Anda harus dikenalkan. Buatkan moderator catatan ringkas tentang diri Anda. Dengan demikian moderator bisa memperkenalkan diri Anda tanpa perlu Anda khawatir ada kesalahan.

Atau jika Anda atau tim Anda bisa membuat video profil yang menarik, Anda juga bisa menggunakan hal tersebut untuk mengenalkan diri. Hal ini juga sering digunakan oleh para presenter. Biasanya video profil ini diputar sebelum presenter maju ke podium. Ini memang tidak mudah, karena membutuhkan keterampilan khusus untuk membuatnya.

Intinya apapun cara yang Anda gunakan dalam memperkenalkan diri, apakah Anda menyampaikannya sendiri, ataukah disampaikan moderator atau menggunakan video pastikan semuanya ringkas, tepat sasaran dan tidak memakan banyak waktu. Jika ini bisa Anda lakukan dengan baik, maka Anda akan membantu membangun kesan sejak awal presentasi Anda mulai. Percayalah dengan menerapkan tips memperkenalkan diri saat presentasi dengan tepat Anda akan terlihat profesional dan kredibel di mata audiens.

Photo Credit: paz.ca

Sumber: http://www.ronapresentasi.com/tips-memperkenalkan-diri-saat-presentasi/#sthash.Q3IGqiJn.dpuf

Share Button
AdminSlide PresentationSebelum Anda membuka presentasi, atau sebelum  presentasi Anda dimulai ada satu hal penting yang perlu Anda lakukan dengan baik untuk membangun raport dan membangun kepercayaan audiens sejak Anda berdiri di hadapan mereka yaitu memperkenalkan diri. Saya yakin banyak dari Anda tahu bagaimana memperkenalkan diri. Tapi yang jadi pertanyaan, sudahkah cara...website pembelajar public speaking indonesia