Bagaimana jika tiba-tiba kamu diminta untuk tampil di depan umum ? Baik itu untuk memberikan sambutan yang spontan dan tanpa persiapan di depan kelas atau ‘meeting’. Atau sekedar tampil di depan umum untuk membantu teman melakukan sesuatu pekerjaan.
Tidak semua orang bisa,  mampu dan nyaman melakukannya. Bagi yang tak terbiasa nampaknya akan merasa ‘kikuk’ dan terasa kurang percaya diri bahkan terasa menjadi sebuah siksaan.

Berikut adalah tips untuk melejitkan  rasa percaya diri kamu dalam waktu 3 menit atau kurang :

1. Berjalanlah dengan tenang ke depan audien atau tempat dimana kamu akan memberi sambutan.

2. Atur nafas secara perlahan dan teratur.

3. Pandang audien dengan tenang dan nyaman. Tersenyumlah namun jangan berlebihan.

4. Postur tubuh. Angkat bahu kamu lebih tinggi dan busungkan dada sedikit. Sehingga tubuh kamu terlihat tegak dan percaya diri. Lakukan dengan nyaman.

5. Membayangkan tokoh idola kamu yang menurut kamu dia adalah tokoh yang sangat percaya diri. Contoh Superman atau Batman. Bayangkan karakter dari tokoh tersebut semisal melindungi,  mengayomi, karismatik dan selalu tampil meyakinkan dan percaya diri.

Well, ladies and gentleman…. Selamat mencoba. Semoga berbicara di depan umum bukan lagi menjadi ‘hantu’ yang menakutkan buat kamu.

Thanks.. Arigatoo..
Didin S Winata
(Licenced Public Speaking Trainer of HeartSpeak Indonesia)

Share Button
http://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2018/05/grogi01-web.jpghttp://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2018/05/grogi01-web-150x132.jpgadminNervous & ConfidencePublic Speakinggrogi,komunikasi efektif,percara diri,presentasi,public speakingBagaimana jika tiba-tiba kamu diminta untuk tampil di depan umum ? Baik itu untuk memberikan sambutan yang spontan dan tanpa persiapan di depan kelas atau 'meeting'. Atau sekedar tampil di depan umum untuk membantu teman melakukan sesuatu pekerjaan. Tidak semua orang bisa,  mampu dan nyaman melakukannya. Bagi yang tak terbiasa...website pembelajar public speaking indonesia