Dokter Henry Beecher menemukan sebuah fenomena unik saat menjadi dokter tentara di perang Afrika Utara. Banyak korban perang dengan berbagai luka akibat perang yang membutuhkan tindakan operasi. Dan operasi tentu membutuhkan obat penghilang sakit, yaitu morfin. Sayangnya persediaan morfin sangatlah terbatas dan tim medis yang panik, memasukkan air infus kosong ke dalam jarum suntik dan memberikannya pada tentara yang sedang kesakitan. Heran, sebagian besar tentara mengaku nyeri yang dirasakan berkurang. Kondisi ini diberi nama efek plasebo atau placebo effect. Secara sederhana, plasebo adalah obat kosong yang tidak berisi zat aktif sama sekali, namun memberikan efek terapi karena pasien mempercayai yang diminum adalah obat sungguhan.

Dan yang lebih unik lagi, penelitian-penelitian berikutnya menunjukkan hal yang jauh lebih tidak masuk akal, kapsul kosong berwarna biru lebih efektif untuk mengurangi gejala, kapsul kuning mengurangi gejala depresi, dan kapsul merah lebih efektif sebagai pengurang nyeri. Memang terkesan liar dan random sekali. Sebagai informasi, menurut penelitian, ternyata obat kapsul lebih efektif dibandingkan dengan tablet, dan suntikan kosong lebih efektif dibandingkan kapsul, dan penggunaan mesin lebih efektif dibandingkan dengan suntikan.

Unik sekali, bukan? Dan yang lebih uniknya lagi, efek plasebo ini bervariasi tergantung dengan bagaimana persepsi seseorang terhadap obat yang dikonsumsinya. Semakin heboh dan elegan pencitraan terhadap obat yang diberikan, semakin kuat efek penyembuhan yang diberikan oleh plasebo tersebut. Maka tak heran, jika banyak pasien yang mengaku obat paten dan obat bermerek lebih berkhasiat dibandingkan dengan obat generik.
Dengan mempelajari pola dan cara kerja pikiran manusia kita bisa membantu diri kita agar lebih nyaman dan cerdas dalam menjalani kehidupan. Dan dengan teknik serta strategi yang tepat kita sangat mungkin membangkitkan tabib yang luar biasa hebat dan membangun pabrik obat raksasa dalam pikiran kita.

Saya akan berikan contoh, untuk mengurangi nyeri kita bisa mengubah submodalitas dengan memperkecil atau menjauhkan sensasi nyeri tersebut dari pikiran kita. Untuk mengurangi perasaan tidak nyaman, misalnya jijik atau mual, kita bisa menggunakan teknik menukar perasaan tidak nyaman tersebut dengan perasaan yang menyenangkan (misalnya makanan favorit kita, atau berada di tempat yang disenangi). Jika sudah terbiasa, proses ini bisa dilakukan dengan mudah, seperti membongkar pasang mainan.
Karena efeknya bisa begitu dashyat, maka kita perlu menggunakan teknik tersebut secara bijaksana, dan tidak menggantikan pelayanan medis dari tenaga kesehatan. Oleh karena itu, sebelum ahli menggunakan teknik ini, ada baiknya kita berlatih terlebih dulu sambil mempelajari cara menggunakan teknik ini dengan aman dan efektif.

Jika bertemu nanti, dengan senang hati, kami akan berdiskusi dengan Anda. Sampai bertemu di Training Smart Life with NLP.

Salam hidup cerdas,
dr. Christian

Share Button
http://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2017/05/kapsul-kosong-1024x614.jpghttp://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2017/05/kapsul-kosong-300x300.jpgAdminPublic SpeakingDokter Henry Beecher menemukan sebuah fenomena unik saat menjadi dokter tentara di perang Afrika Utara. Banyak korban perang dengan berbagai luka akibat perang yang membutuhkan tindakan operasi. Dan operasi tentu membutuhkan obat penghilang sakit, yaitu morfin. Sayangnya persediaan morfin sangatlah terbatas dan tim medis yang panik, memasukkan air infus...website pembelajar public speaking indonesia