komunikasi kel1

Komunikasi memainkan peranan penting terhadap kebahagiaan dan keutuhan keluarga Anda. Bagaimana keluarga bisa bahagia dan utuh jika komunikasi antar anggotanya tidak terjalin dengan baik? Berikut penjelasan ilmiah tentang pentingnya komunikasi keluarga terhadap perkembangan psikologis anak.

Kemampuan mengendalikan tekanan

Jika keluarga Anda memiliki gaya berkomunikasi yang ekspresif atau dengan kata lain anggota-anggota keluarga Anda bebas mengungkapkan perasaan tanpa merasa takut direndahkan atau mendapat konsekuensi negatif lainnya maka anak Anda akan cenderung mampu mengendalikan tekanan, menurut sebuah penelitian dalam jurnal ‘Kesehatan Berkomunikasi’. Sebaliknya, anak-anak dari keluarga yang kerap menghindari konflik dalam percakapan akan cenderung menghadapi kesulitan memecahkan masalah kehidupan dengan cara yang sehat dan produktif.

Keceriaan
Tertawa sungguh obat terbaik menghadapi permasalahan. Untuk dapat membuat keluarga tertawa, tiap anggota harus merasa aman dan nyaman mencoba leluconnya. Komunikasi keluarga yang berkesinambungan akan membangun perasaan ini. Dengan humor, ikatan keluarga akan menjadi lebih kuat menurut sebuah penelitian ilmiah.

Percaya diri
Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2012 dalam jurnal ‘Penelitian Komunikasi’ melaporkan semakin tinggi tingkat keterbukaan komunikasi antara orang tua dan anak maka semakin tinggi pula tingkat kepercayaan diri anak. Keterbukaan komunikasi keluarga akan membangun perasaan saling memiliki yang akan semakin kuat seiring dengan terlampauinya waktu-waktu sulit bersama-sama. Hal ini akan membuat anak merasa diakui keberadannya dan kepercayaan dirinya akan meningkat. Hal sebaliknya terjadi pada anak dari keluarga yang kaku dalam berkomunikasi.

Kejujuran
Anak-anak dari keluarga yang aktif melakukan pembicaraan akan cenderung nyaman mengungkapkan perasaannya dengan jujur, menurut jurnal ‘Psikologi Terapan’. Hal ini penting untuk pengembangan kepribadian anak di masa depan.

Tahan banting
Sebuah studi dalam ‘Jurnal Komunikasi Keluarga’ mengungkapkan pentingnya komunikasi keluarga dalam membentuk ketahanan anak menghadapi kesulitan. Orang tua yang terbuka akan aktif berdiskusi dengan anak tentang masalah yang dihadapi namun tetap meyakinkan mereka bahwa ‘badai akan segera berakhir’. Dengan begitu, anak akan mempelajari masalah kehidupan dan menghadapinya dengan tabah.

Teman Cigna merasa ada kelonggaran komunikasi antar anggota keluarga? Mulailah membenahinya dari sekarang demi kebaikan Anda dan keluarga!

 

http://www.livingwell.co.id/post/mental-well-being/pentingnya-komunikasi-dalam-kehidupan-berkeluarga

Share Button
AdminInterpersonal CommunicationKomunikasi memainkan peranan penting terhadap kebahagiaan dan keutuhan keluarga Anda. Bagaimana keluarga bisa bahagia dan utuh jika komunikasi antar anggotanya tidak terjalin dengan baik? Berikut penjelasan ilmiah tentang pentingnya komunikasi keluarga terhadap perkembangan psikologis anak. Kemampuan mengendalikan tekanan Jika keluarga Anda memiliki gaya berkomunikasi yang ekspresif atau dengan kata lain anggota-anggota...website pembelajar public speaking indonesia