Pada zaman teknologi infomasi sekarang ini kita dapat mengamati produk-produk telekomunikasi berlomba menciptakan fitur-fitur visual yang menarik di pasaran. Dari sekian banyak barang yang bermunculan di pasar, barang-barang produksi yang lemah dalam memberikan tampilan visual nampaknya semakin ditinggalkan para konsumen. Konsumen umumnya lebih tertarik pada fitur-fitur visual yang bisa memanjakan mata. Ini adalah fenomena pertama.

Fenomena kedua berhubungan dengan internet. Internet saat ini tidak hanya bisa diakses dengan sebuah PC Komputer. Intenet kini sudah berada di genggaman konsumen yang menggunakan smartphone. Setiap waktu, tanpa harus memiliki dan membuka PC komputer, para pengguna internet cukup membuka smartphone saja jika ingin menggunakan internet. Melalui smartphone itu, pengguna bahkan bisa mengakses internet setiap saat.

Apa relevansi kedua fenomena tersebut dengan Public Speaking? Dalam Public Speaking, pembicara berkomunikasi kepada para audiens yang adalah anak jamannya. Audiens ini juga mengalami kedua fenomena tersebut. Para audiens sekarang telah terbiasa dimanjakan secara visual. Konsekuensinya, penggunaan Alat Bantu Visual dalam Public Speaking semakin diperlukan.

Di lingkungan masa kini, kebanyakan audiens membutuhkan Alat Bantu Visual untuk memudahkan mereka belajar. Seorang pakar komunikasi  bisnis, Dianna Booher, menyatakan jika anda memberikan presentasi tanpa peralatan visual, pastikan anda memberi pesan yang pendek, isi yang membangkitkan minat dan penyampaian yang menarik sehingga memikat hati audiens.

Alat Bantu Visual juga sangat membantu audiens yang lebih mudah belajar dari hal-hal yang mereka lihat. Meskipun demikian, kita juga tidak menolak fakta adanya audiens yang lebih mudah belajar dari hal-hal yang mereka dengar. Yang lain lagi lebih mudah belajar dari hal-hal yang mereka alami atau rasakan.

Terkait dengan pentingnya Alat Bantu Visual, hasil studi di universitas sangat mendukung keyakinan tersebut. Alat Bantu Visual membantu daya ingat dan pengaruh secara drastis. Hasil studi dari Universitas Wisconsin misalnya. Para penyelidik menetapkan bahwa daya ingat bertambah hingga 200 persen jika bantuan peralatan visual digunakan dalam mengajar kosa kata. Sementara itu studi di Harvard dan Columbia mendapatkan kesimpulan bahwa presentasi dengan peralatan visual menambah daya ingat mahasiswa 14-39 persen dibandingkan presentasi tanpa peralatan visual. Demikian juga hasil studi di Sekolah Bisnis Pennsylvania Wharton. Hasil studi ini mendemonstrasikan bahwa waktu yang diperlukan untuk menerangkan suatu topik dapat dikurangi hingga 40% jika peralatan visual mendampingi presentasi lisan. Studi tersebut juga menginformasikan pembicara yang memakai peralatan visual lebih disukai daripada yang tidak menggunakannya.

Majalah Presentations pernah menjadi sponsor sebuah studi untuk mengukur efektivitas presentasi media secara khusus. Studi ini mengukur reaksi audiens atas presentasi yang ditampilkan dengan tiga macam bantuan peralatan visual yang berbeda: film slide elektronik, OHP dan hanya menggunakan teks. Dalam studi ini ditemukan mengenai kemampuan mengingat informasi, pengertian dan mengenali fakta. Dari ketiga Alat Bantu Visual yang digunakan, presentasi multimedia lebih berhasil membantu audiens mengenali fakta, sedikit lebih unggul dalam mengingat kembali segala macam informasi pada umumnya, dan jauh lebih unggul dalam membantu audiens mengerti hal-hal yang dijelaskan pembicara.

Dari fenomena perkembangan teknologi saat ini yang telah menawarkan banyak fitur  menarik secara visual. Kemudian cara sebagian besar manusia di dunia yang dominan memperoleh pemahaman melalui indra penglihatan. Dan juga studi yang menegaskan  bahwa alat dukung visual yang semakin kaya dan menarik semakin memudahkan  informasi diterima oleh para audiens. Kita bisa menyimpulkan bahwa peralatan visual dalam konteks Public Speaking sangatlah penting. Meski demikian, peralatan visual yang digunakan dalam presentasi tidak boleh menggantikan posisi seorang pembicara. Peralatan visual harus digunakan dengan tujuan untuk mendukung presentasi pembicara sehingga aktivitas presentasi menjadi semakin efektif dan mengesan pada diri audiens.

 

Sumber Gambar: google.com

Share Button
http://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2017/07/perangkat-visual-pub.jpghttp://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2017/07/perangkat-visual-pub-150x150.jpgAdminAdvanced Public SpeakingPada zaman teknologi infomasi sekarang ini kita dapat mengamati produk-produk telekomunikasi berlomba menciptakan fitur-fitur visual yang menarik di pasaran. Dari sekian banyak barang yang bermunculan di pasar, barang-barang produksi yang lemah dalam memberikan tampilan visual nampaknya semakin ditinggalkan para konsumen. Konsumen umumnya lebih tertarik pada fitur-fitur visual yang bisa...website pembelajar public speaking indonesia