payung-emosi

By : Didin S Winata

Setiap hari kita akan menghadapi bermacam-macam perasaan yang akan hadir pada diri kita. Dimulai pada saat bangun tidur, kita akan banyak menghadapi keadaan atau kondisi yang mungkin saja dapat menguras perasaan emosi kita.

Ada banyak keputusan yang harus diambil dalam sehari. Ada beribu informasi yang akan masuk dalam otak kita. Ada berjuta kata yang akan keluar dari mulut kita. Ada begitu banyak kalimat yang terdengar oleh telinga kita. Ada banyak sesuatu yang akan terlihat oleh mata kita. Adapula berjuta perasaan yang akan di serap dan dirasakan batin kita.

Apa jadinya semua itu tanpa ‘Payung Emosi’? Apakah semua itu akan kita biarkan memasuki pikiran kita dan mengganggu emosi dan perasaan kita? Atau kita pilih dan seleksi sehingga tidak mengganggu emosi dan perasaan kita.

Pentingnya Payung Emosi

Tanpa payung emosi kita akan mengalami ‘banjir emosi’. Kita akan merasa sangat lelah karena energi kita terkuras banyak untuk menerima segala macam informasi yang masuk dalam pikiran kita. Emosipun campur aduk dan kita akan semakin lelah.

Payung Emosi berfungsi untuk menahan dan tidak menerima semua informasi dari luar. Dia juga berfungsi untuk menyaring dan mengendalikan hal-hal negatif yang mencoba masuk dalam diri kita. Kita tidak membiarkan semua informasi masuk dalam pikiran kita yang hanya akan menguras energi kita.

Memilih teman atau komunitas yang positif,  baik dan membangun pribadi kita merupakan payung emosi yang cukup efektif. Kita mencoba meminimalkan pengaruh emosi yang negatif masuk dalam diri kita.

Berusaha peka dan memahami emosi orang lain adalah hal yang cukup penting sehingga kita mengetahui tindakan preventif apa yang harus di lakukan untuk menghindari kebocoran emosi.

Aware dan sadar diri. Jika mood kita sedang tidak baik maka cobalah untuk berhati-hati ketika merespon emosi seseorang. Kontrol diri saat yang tepat agar tindakan kitapun tetap.

Mengurangi aktifitas ingin tahu segala hal yang berkaitan dengan berita yang tidak perlu atau gosip murahan yang hanya memancing emosi kita sehingga terjadi kebocoran emosi.

 

So, Never let your emotions overpower your intelligence…

 

Thanks…. Arigatooo…

(dsw-motivaction)

-Always motivate you to take action-

Share Button
http://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2017/05/payung-emosi-1024x614.jpghttp://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2017/05/payung-emosi-300x300.jpgAdminGeneral CommunicationBy : Didin S Winata Setiap hari kita akan menghadapi bermacam-macam perasaan yang akan hadir pada diri kita. Dimulai pada saat bangun tidur, kita akan banyak menghadapi keadaan atau kondisi yang mungkin saja dapat menguras perasaan emosi kita. Ada banyak keputusan yang harus diambil dalam sehari. Ada beribu informasi yang akan...website pembelajar public speaking indonesia