present 313

Banyak orang tidak mengetahui hal ini sehingga penggunaan video justru membuat presentasi mereka kacau balau. Mulai dari perhatian audiens teralihkan oleh video yang tidak ada hubungannya dengan isi presentasi sampai dengan pembicara yang putus asa karena video nya mengalami kendala teknis dan tidak bisa terputar. Saya yakin anda pernah melihat fenomena ini, karena hal ini sering sekali saya jumpai :)

Dengan menerapkan tips-tips yang anda dapatkan di bawah ini maka anda akan terhindar dari hal-hal di atas dan mampu memaksimalkan fungsi video seutuhnya, membantu anda anda connect dan menggugah emosi audiens melalui. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak bersama-sama

(1) Lakukan pengecekan teknis sebelumnya

Banyak presentasi yang menjadi kacau balau dan tersendat hanya karena sebab yang simpel ini. Beberapa hal yang sering terjadi adalah: video macet tidak keluar gambar sama sekali atau video terputar tapi tidak ada suara. Pastikan anda tidak menjadi salah satu korban dari hal – hal seperti ini.

Apalagi jikalau anda berpresentasi menggunakan laptop orang lain, belum tentu di laptop tersebut terinstall software yang bisa mensupport file video yang akan anda gunakan. Jadi sebelum anda memulai presentasi, selau lakukan cek apakah video bisa terputar dan sound system berfungsi baik.

Pastikan juga kualitas audio dan video yang digunakan memadai. Jika kualitas audio dan video yang anda gunakan buruk maka presentasi anda juga akan diasosiasikan seperti itu oleh audiens.

(2) Pastikan bahwa video yang anda putar sesuai dengan tujuan anda berpresentasi

Anda harus ingat bahwa tujuan utama anda memutar video adalah untuk mendukung poin yang hendak anda sampaikan. Sedang aktor utama dari presentasi tetaplah anda, bukan video anda. Oleh karena itu ingatlah, bahwa andalah yang harus menyampaikan poin-poin utama dari presentasi , bukanlah video anda. Video hanya anda gunakan untuk mendukung poin-poin presentasi anda.

Perhatikan juga durasi dari video yang anda putar. Saya lebih menyarankan video-video dengan durasi pendek. Untuk presentasi 5 – 15 menit anda bisa gunakan klip video berdurasi 30 detik – 1 menit. Sedang untuk presentasi panjang (2 jam – 1 hari full) anda masih bisa menggunakan video berdurasi 5 – 10 menit.

(3) Gunakan transisi yang mulus dari presentasi anda ke pemutaran video

Yang sering terjadi adalah presenter menghentikan presentasi mereka, berjalan menuju laptop, mematikan slide power point, mencari-cara file video mereka di laptop, baru kemudian memutar video mereka. Hal ini menimbulkan jeda yang cukup panjang sehingga secara transisi kurang mulus (belum lagi jika di presenter masih kebingungan di mana dia meletakkan file videonya atau tiba-tiba videonya macet).

Supaya transisi dari presentasi anda ke video bisa berjalan dengan mulus, sebetulnya anda bisa meng-insert video anda ke dalam power point. Ketika anda insert, nantinya file video akan dapat anda mainkan secara otomatis atau tinggal anda klik  saja.

Cara melakukan hal ini cukup sederhana, yaitu di power point, anda bisa ke tab (Insert) kemudian pilih tombol (Insert Movie). Hanya saja pastikan bahwa video anda berada dalam format yang disupport oleh power point (contoh: wmv atau mp4).

(4) Gunakan sound system yang memadai

Janganlah mencoba menggunakan speaker laptop atau mini speaker yang anda punyai, kebanyakan suaranya tidak memadai dan secara kualitas kurang bagus (kecuali anda berpresentasi di ruangan kecil). Mintalah peralatan sound system yang memadai, kebanyakan ruangan yang dilengkapi dengan sound system (microphone) memiliki fasilitas ini.

Berikut tadi telah kita bahas 4 tips dalam menggunakan video dalam presentasi anda. Silahkan mempraktekkan dan menggunakan kekuatan video untuk membuat presentasi anda menjadi lebih dinamis dan bervariasi.

 

Sumber: http://david-pranata.com/menggunakan-video-dalam-presentasi-anda-part-2/

Share Button
AdminPresentation Skill  Banyak orang tidak mengetahui hal ini sehingga penggunaan video justru membuat presentasi mereka kacau balau. Mulai dari perhatian audiens teralihkan oleh video yang tidak ada hubungannya dengan isi presentasi sampai dengan pembicara yang putus asa karena video nya mengalami kendala teknis dan tidak bisa terputar. Saya yakin anda pernah...website pembelajar public speaking indonesia