membangun keyakinanState di kamus punya makna beragam. State bisa diartikan wilayah. Istilah state digunakan di kalangan psikologi pertama kali adalah dalam Transactional Analysis untuk menggambarkan keadaan pemikiran, perasaan dan kecenderungan untuk bertindak. Dalam NLP, STATE atau lengkapnya STATE OF MIND adalah keadaan menyeluruh antara tubuh dengan keadaan neurologisnya yang berupa pikiran, perasaan dan kcenderungan untuk bertindak bahkan tindakan.STATE ini akan saling mempengaruhi dengan posisi Tubuh, Pikiran, Perasaan dan Tindakan yang dilakukan.

Perhatikanlah raga orang yang sedang gembira, kecewa, marah, menahan geram, sedih, menangis, putus asa. Setiap STATE ternyata mempunyai kapling raganya masing-masing. Karena itu para aktor dan aktris professional mudah untuk mendapatkan STATE tertentu hanya dengan mengubah dan mengolah raga saja.

Mari kita bereksperimen mengenai STATE ini.

Pikirkanlah pengalaman saat Anda bahagia. Lihatlah wajah Anda di cermin. Pikirkanlah pengalaman saat Anda sedih. Lihatlah wajah Anda di cermin. Buatlah wajah Anda seperti yang terlihat di cermin saat Anda merasa bahagia. Lalu rasakanlah perasaan yang muncul

Buatlah wajah Anda seperti yang terlihat di cermin saat Anda merasa sedih. Lalu rasakanlah perasaan yang muncul.

Mengubah posisi tubuh akan mengubah STATE. Melakukan gerak akan mengubah STATE. Berolah raga mengubah STATE, Menari mengubah STATE, berjoget mengubah STATE, Yoga mengubah STATE, Meditasi mengubah STATE, Silat mengubah STATE, Berdoa dan Sholat mengubah STATE.

Mengatur pikiran akan mempengaruhi STATE. Memunculkan pikiran damai menghasilkan STATE. Memunculkan pikiran rusuh menelurkan STATE. Mengendalikan pikiran sama dengan mengendalikan STATE.

Terserah Anda mau mulai dari mana. Anda dapat mengubah State dengan merasakan perasaan, menciptakan pikiran atau melakukan gerak tertentu. Di salah satu sekolah kepribadian yang mengajarkan membangkitkan rasa percaya diri. Latihannya justru bukan dengan mengelola pikiran peserta. Peserta dilatih berjalan santai, wajah menatap ke depan, nafas lancar dan energi mantap di seluruh tubuh dan beban terbagi imbang ke kaki kanan dan kiri. Latihan berulang-ulang. Dan ajaib, peserta jadi Pede abis.

Di ketentaraan, para calon prajurit dilatih pede, sigap dan cekatan dengan baris berbaris, hadap kiri, hadap kanan, jalan di tempat, maju jalan, serong kiri, serong kanan dan hormat . Bagaimanakah State Anda saat ini? sadarilah gerak tubuh dan mimik wajah Anda. Bagaimanakah gerak tubuh dan mimik wajah Anda saat ini? Sadarilah itulah State Anda.

 

Pun Sapun, Ampun Paralun Pakena Gawe Rahayu,

Sangkan Nanjung di Juritan Nanjeur di Buana

 

Salam hangat dari Ciwandan

Asep Haerul Gani

*******

 

Share Button