tarik pelanggan

Mempunyai pelanggan setia sangat penting dalam membangun pendapat jangka panjang serta mengurangi biaya pemasaran sebuah perusahaan. Untuk menarik pelanggan setia, Anda perlu menyediakan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah. Tentunya, Anda perlu meningkatkan pengalaman pelayanan agar pelanggan Anda puas.

Berikut lima langkah untuk menarik pelanggan setia selalu kembali kepada Anda:

Kebutuhan

Langkah pertama dalam menarik pelanggan setia adalah menyediakan produk dan jasa yang memenuhi atau melebihi kebutuhan mereka. Hal ini dilakukan dengan meneliti persyaratan pelanggan, mengembangkan produk sesuai dengan persyaratan, pemantauan umpan balik dari pelanggan dan menggunakan umpan balik untuk lebih meningkatkan produk dan layanan. Penting untuk menyadari bahwa kebutuhan pelanggan dapat berubah selama periode hubungan mereka dengan Anda. Misalnya, seorang pelanggan bank. Pertama kali mereka memulai hanya dengan membuka rekening tabungan. Nantinya, mereka akan membutuhkan hipotek, kartu kredit dan pinjaman pribadi. Ketika mereka bertambah usianya, mereka mungkin membutuhkan saran mengenai investasi dan rencana pensiun. Dengan mengakui perubahan kebutuhan-kebutuhan dan menawarkan produk untuk memenuhi hal tersebut, Anda dapat mempertahankan loyalitas pelanggan Anda.

Pengalaman

Setiap kali pelanggan menghubungi perusahaan Anda, mereka harus mendapatkan pengalaman terbaik. Kualitas layanan pelanggan sangat penting setiap kali pelanggan membuat penyelidikan, pesanan produk, permintaan layanan atau membuat keluhan. Cara karyawan Anda menjawab panggilan, menanggapi email atau memberikan penjelasan produk memiliki dampak pada pengalaman pelanggan. Menurut MyCustomer.com, perusahaan harus memetakan perjalanan pelanggan di setiap titik mereka berinteraksi dengan perusahaan agar setiap aspek pelanggan terpenuhi.

Kepuasan

Ada hubungan langsung antara kepuasan pelanggan dan kecenderungan untuk membeli di masa depan. Berdasarkan penelitian, sekitar 61 persen dari pelanggan yang puas melaporkan bahwa mereka cenderung membeli dari pengecer yang sama saat membutuhkan produk serupa. Selain itu, pelanggan yang sangat puas lebih mungkin untuk merekomendasikan perusahaan Anda kepada koleganya.

Komunikasi

Meningkatkan frekuensi komunikasi dapat memperkuat loyalitas pelanggan. Kontak tidak harus berhenti ketika pelanggan telah membeli produk dari Anda. Tindak lanjuti penjualan untuk memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk Anda. Dengan menawarkan layanan purna jual, Anda dapat menciptakan lebih banyak kesempatan untuk berkomunikasi.

Penghargaan

Perlakukan pelanggan setia dengan layanan istimewa atau diskon khusus. Hal ini akan memperkuat loyalitas pelanggan untuk jangka panjang.

 

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/pelayanan-konsumen/langkah-langkah-menarik-pelanggan-setia

Share Button
AdminGeneral CommunicationNegotiation & Selling SkillsMempunyai pelanggan setia sangat penting dalam membangun pendapat jangka panjang serta mengurangi biaya pemasaran sebuah perusahaan. Untuk menarik pelanggan setia, Anda perlu menyediakan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah. Tentunya, Anda perlu meningkatkan pengalaman pelayanan agar pelanggan Anda puas. Berikut lima langkah untuk menarik pelanggan setia...website pembelajar public speaking indonesia