Salah satu cara terpenting dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah dengan memberikan pelayanan terbaik dan menjaga komunikasi yang baik dengan mereka. Dengan komunikasi dan pelayanan yang selalu baik, tentu konsumen akan tetap setia dan membuat bisnis kita tetap lancar baik berupa produk ataupun jasa yang kita tawarkan.

Untitled Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membina hubungan komunikasi dengan konsumen setia dan menjaga kepercayaan pelanggan dengan bisnis Anda, seperti dilansir dari duniaprofesional.com.

Jangan Pernah Berpikir bahwa Konsumen adalah Target Penjualan
Membangun hubungan yang baik dengan konsumen setia lebih penting jika dibandingkan dengan menjadikan mereka target penjualan. Jika hubungan sudah baik, maka produk atau jasa apapun yang kita tawarkan akan terima dengan baik oleh mereka.

Jangan Selalu Menawarkan Produk atau Jasa Ketika Berbincang dengan Konsumen
Berjualan memang kewajiban, namun jangan batasi percakapan dengan terus menerus menawarkan produk atau jasa Anda. Cobalah untuk berbicara hal yang lain yang menurut Anda bisa memberi manfaat dan dampak yang baik untuk para konsumen setia. Dengan tidak melulu berjualan, konsumen akan lebih dekat dan lebih percaya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Konsumen Setia adalah Sahabat
Jadikan konsumen setia sebagai sahabat Anda. Bersahabat dengan konsumen tentu akan sangat bermanfaat dan akan membuat rasa percaya antara Anda dan konsumen menjadi lebih besar. Bila Anda sudah bersahabat dengan mereka itu artinya Anda wajib memberi solusi yang baik untuk mereka.

Jadilah Pendengar Terbaik untuk Konsumen Setia
Menjadi pendengar terbaik artinya Anda harus siap mendengarkan apapun yang mereka sampaikan. Biasanya mereka akan berbicara tentang apa yang sedang mereka hadapi dan juga yang sedang mereka butuhkan. Setelah mendengarkan dengan baik, beri solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhannya.

Menepati Janji yang Sudah Anda Buat
Salah satu kunci sukses menjaga komunikasi dengan konsumen setia adalah selalu menepati janji yang sudah Anda buat. Berusalah untuk selalu menepati janji Anda karena jika sedikit saja Anda ingkar janji, mereka akan beralih dan hal ini tentu akan mengganggu bisnis Anda.

Selamat menjaga hubungan baik dengan rekan bisnis Anda!

Share Button
http://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2015/12/Untitled4.jpghttp://publicspeaking.co.id/wp-content/uploads/2015/12/Untitled4-300x223.jpgTrainerNegotiation & Selling SkillsSalah satu cara terpenting dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah dengan memberikan pelayanan terbaik dan menjaga komunikasi yang baik dengan mereka. Dengan komunikasi dan pelayanan yang selalu baik, tentu konsumen akan tetap setia dan membuat bisnis kita tetap lancar baik berupa produk ataupun jasa yang kita tawarkan. Beberapa...website pembelajar public speaking indonesia