https://www.google.co.id/search?biw=1366&bih=657&tbm=isch&sa=1&ei=HhI4XNPrJ5fHrQGoyrnYCw&q=kebiasaan&oq=kebiasaan&gs_l=img.3..0l10.823939.825327..825677...0.0..0.147.649.8j1......0....1..gws-wiz-img.......0i67.l5oPVysDPNk

( “Yukkkk Perbaiki  Kebiasaan Berbicara Yang Salah Selama Ini” )

Saking inginnya kita mendramatisir sesuatu atau ingin lucu-lucuan seringkali kita terjebak pada penggunaan kata yang kurang bahkan tidak tepat. Bukan soal tata bahasa atau kepantasan penggunaannya, tetapi lebih ke arah mempengaruhi atau meretas pikiran bawah sadar Anda sendiri !

Meretas Pikiran Bawah Sadar Sendiri ??? Iiiihh serem banget ya ?? Iya emang serem…. Saya sih sudah lama berhati-hati menggunakan kata yang kurang tepat dan tidak pada tempatnya ini.

Berikut adalah kata-kata yang sering digunakan banyak orang untuk mendramatisir atau lucu-lucuan. Mungkin sebagian dari Anda banyak yang belum tahu tentang hal ini. Untuk itu maka sekarang ini saya beri tahu, karena Anda adalah sahabat-sahabat terbaik dan saya cintai….hehehe lebaayy.

Kata-kata berikut bisa menjadi self-talk Anda. Duhhh lagi-lagi self-talk !gak bosen apa Kang Didin ngomongin self-talk ? Saya jawab, “enggak!”. Kenapa ? Karena sebuah self-talk bisa sangat dasyat akibatnya… Dan ingat yaaa…pikiran bawah sadar kita itu unik, dia tidak bisa membedakan mana yang betulan atau bohongan.

Ini dia…jreng-jreng….Anda bisa jadi terperangah dan baru menyadari.

“Iya..apa dong Kang cepetan !, udah gak sabar nih ?”

“Sabar-sabar….semua pasti dapat tanda-tangan….!” hehe

“Duhhh Kang Didin,…malah bercanda…kelamaan aaah!”

  1. “Hari ini saya masuk kerja, giliran jaga kandang nih !”. (Jaga Kandang ??? Emang kerja di kandang ayam ? Hehe). Hati-hati ini sangat merendahkan dirimu sebagai manusia. Padahal Anda adalah mahluk paling sempurna. Bagaimana kalau kerja beneran di kandang, alias mirip kandang, bau dan berantakan. Kenapa tidak bilang sedang jaga istana ?”
  2. “Gue harus masuk kerja nih, kebagian jaga warung !”(Warung ??? sederhana banget ya, kenapa tidak bilang jaga toko biar kerenan dikit ?)
  3. “Lagi kerja nih, lumayanlah lagi nyari recehan “Kerja nyari uang “recehan” ?”, Anda katakan saja lagi nyari uang gepokan biar pikiran bawah sadar Anda terbiasa dengan pikiran ‘uang gepokan’. Pantas selama ini dapatnya uang recehan hehehe….
  4. “Sedang mencari sesuap nasi “(Waduh dikit banget ya ? Kenapa tidak mengatakan mencari sesuap intan berlian atau mencari sebongkah berlian. Ingat cara kerja pikiran Anda. Ini akan dianggap serius oleh pikiran bawah sadar Anda yang ‘pin pin bo’, alias pintar-pintar bodoh.
  5. “Saya cuma tukang handphone”(Kemon bebi, yang elit dikit, kenapa enggak mengatakan, juragan handphone atau pengusaha handphone siiihhh). Maka penampilan Andapun akan menyesuaikan menjadi seorang juragan atau pengusaha, bukan tampilan seorang tukang.
  6. “Besok ada jadwal ngamen nih saya perlu mempersiapkan power point. (Hai Anda itu trainer hebat, yuukk tinggikan dirimu ! Bilang saja mau konser !). Kebayang kan kalau niatnya mau konser ? Penampilanmu pasti disiapkan menjadi seorang bintang, bukan pengamen jalanan. Hehehe…. mantap toh… enak toh..?
  7. “Saya sudah sampai di TKP kamu dimana ?” ( Heiii bro, ‘TKP’ itu tempat kejadian perkara untuk tindak pidana lhoo !”. Hati-hati ya, bisa-bisa beneran lhoo…sekali lagi ingat cara kerja pikiran)
  8. “Ini dia orangnya, tercyduk !” (whaaattt..’terciduk’ ???. Kata ini buat orang yang siap di bawa ke rumah tahanan !, mau gitu ??? Amit-amit yaa !)
  9. ” Ah aku mah apa atuh, cuma segumpal upil yang tak berguna”.(Ungkapan ini beberapa tahun silam sangat populer, sepopuler lagunya. Dari awal mendengar lagu ini saya sudah tidak suka mendengarnya. Kata-katanya terkesan merendahkan diri sendiri dan tidak memberdayakan)

So, Anda sudah tahu sekarang. Jika Anda sudah tahu, apakah Anda masih mau bermain-main dengan sebuah kata-kata ?

 

Yuukk sadari apa yang kita ucapkan.

“The mind is everything. What you think you become.” – Gautama Buddha

Salam sukses dan berdaya

 

Didin S Winata

Self-Talk Motivator

 

#selftalkforsuccess

#motivationaltrainer

#belajarselftalk

#selftalkintheworkplac

Share Button