saynoTerjemahan bebas dari materi oleh: Lynn Battle  

 

1. CARA LANGSUNG

Saat seseorang meminta Anda melakukan sesuatu yang Anda tidak ingin melakukannya, katakanlah tidak. Tanpa meminta maaf, tembaklah langsung.

Contoh:

“TIDAK, terimakasih”.

 

2. CARA REFLEKSI

Di sini Anda melibatkan pemahaman tentang isi dan “rasa” dari permintaan yang diajukan kepada Anda, kemudian Anda menambahnya dengan penolakan halus di bagian akhir.

Contoh:

“Saya tahu Anda ingin berbicara dengan Saya tentang hal itu, TAPI Saya tidak bisa makan siang bersama Anda hari ini.”

 

3. CARA ARGUMENTASI

Berikanlah argumentasi yang jelas dan otentik untuk penolakan Anda, tanpa membuka peluang lebih jauh untuk negosiasi.

Contoh:

“Saya tidak bisa makan siang dengan Anda, SEBAB ada laporan yang harus Saya selesaikan segera.”

 

4. CARA RAIN CHECK

Suatu cara mengatakan ‘tidak’ untuk sebuah permintaan tanpa mengatakan ‘tidak’ dengan tegas.

Contoh:

“Saya tidak bisa makan siang dengan Anda hari ini, TAPI mungkin depan bisa.”

 

5. CARA ENQUIRY

Dengan bersikap terbuka terhadap permintaan, untuk melihat apakah itu juga yang memang Anda inginkan.

Contoh:

“Saya tidak bisa makan siang hari ini, TAPI apa ada hal lain yang Anda ingin bicarakan selain proposal itu?”

 

6. CARA MERAJUK

Ini cara yang paling mungkin digunakan untuk setiap situasi. Ulangi saja penolakan Anda, lagi, lagi dan lagi. Tanpa penjelasan. Gunakan intonasi yang tepat.

Contoh:

+ “Tidak, terima kasih. Saya tidak bisa makan siang dengan Anda.”

– “Ayolah, nggak lama kok.”

+ “Tidak, terima kasih. Saya tidak bisa makan siang dengan Anda.”

– “Ayolah, Saya yang traktir.”

+ “Tidak, terima kasih. Saya tidak bisa makan siang dengan Anda.”

Share Button
adminGeneral Communicationasertif,assertiveness,cara bilang tidak,cara menolak,cerdas berkomunikasi,interpersonal communication,komunikasi interpersonalTerjemahan bebas dari materi oleh: Lynn Battle     1. CARA LANGSUNG Saat seseorang meminta Anda melakukan sesuatu yang Anda tidak ingin melakukannya, katakanlah tidak. Tanpa meminta maaf, tembaklah langsung. Contoh: 'TIDAK, terimakasih'.   2. CARA REFLEKSI Di sini Anda melibatkan pemahaman tentang isi dan 'rasa' dari permintaan yang diajukan kepada Anda, kemudian Anda...website pembelajar public speaking indonesia