download Kemampuan public speaking yang baik menjadi salah satu bumbu penting kesuksesan pengusaha. Mungkin kita merasa sudah menampilkan presentasi terbaik di depan khalayak, tapi ada kalanya kita tak tahu bagaimana menaikkan level skill public speaking kita.

Tak mengapa, ada kalanya seperti itu. Bahkan seorang public speaking profesional pun mengalaminya. Namun, lihat saja seorang pengusaha sukses di mana pun akan terus berbicara di depan khalayak dan terlihat profesional.

Jika Anda merasa skill public speaking mandeg, coba lakukan kebiasaan-kebiasaan berikut yang kerap dilakukan para pengusaha sukses.

1. Fokus pada audience. Banyak pengusaha khawatir bagaimana penampilan mereka nanti di panggung. Hal itu membuat mereka akhirnya fokus pada diri mereka. Padahal seorang pengusaha sukses tak hanya fokus pada diri mereka saja, tetapi juga pada audience. Fokuslah pada pesan yang akan kita bawa untuk audience, dengan begitu kita akan menjadi lebih sukses.

2. Ajak khalayak terlibat. Komoditas paling langka dalam dunia bisnis adalah ‘perhatian’. Ada pengusaha yang jika berbicara di depan khalayak jadi sangat membosankan. Untuk menarik perhatian audience, ajaklah mereka turut terlibat. Ajukanlah pertanyaan, putarlah video-video menarik yang berkaitan dengan pesan presentasi kita, atau buatlah kuis-kuis kecil berhadiah untuk menarik perhatian.

3. Tampilkan slide yang secara visual menarik. Hindari penggunaan bullet dan terlalu banyak teks pada slide presentasi. Gunakan gambar atau video yang mewakili gagasan presentasi. Dengan begitu pesan kita juga lebih mudah diingat oleh audience.

4. Pakai kata yang mudah dipahami. Berbicara di depan publik berbeda dengan membuat makalah ilmiah. Hindari penggunaan istilah-istilah yang khusus, misalnya kata ‘sinergi’, ‘leverage’, atau ‘niche’. Gunakan kata-kata general yang bahkan mudah dipahami oleh anak-anak.

5. Gunakan jasa coaching. Salah satu kunci meningkatkan performa public speaking adalah coaching. Bahkan legenda pelatih kepribadian Tony Robbins punya coach untuk meningkatkan skill public speaking-nya.

Sumber : http://www.marketing.co.id/5-kebiasaan-public-speaking-para-pengusaha-sukses/

Share Button
TrainerProfessional CommunicationKemampuan public speaking yang baik menjadi salah satu bumbu penting kesuksesan pengusaha. Mungkin kita merasa sudah menampilkan presentasi terbaik di depan khalayak, tapi ada kalanya kita tak tahu bagaimana menaikkan level skill public speaking kita. Tak mengapa, ada kalanya seperti itu. Bahkan seorang public speaking profesional pun mengalaminya. Namun,...website pembelajar public speaking indonesia