public-speaker

Beberapa hari yang lalu saya mendapat email dari seseorang yang tergabung di milis Presentasi Efektif, dia memberikan satu pertanyaan ini:

“Pak.. bagaimana ya caranya menjadi public speaker (baca: pembicara profesional)?”

Wah ini pertanyaannya memang singkat dan simpel… tapi jawabannya tidak mudah dan panjang, bahkan banyak trainer bisa menyelenggarakan workshop berhari-hari hanya untuk membahas topik yang satu ini.

Topik ini tentunya sangat menarik untuk dibahas… menjadi pembicara profesional . Satu iklan tentang pelatihan menjadi pembicara professional yang pernah saya baca berbunyi: “Maukah anda pergi keliling Indonesia, tidur dihotel berbintang lima masih dibayar pula?”

Siapa sih yang nggak mau?

Akan tetapi yang mungkin terpikir di benak anda waktu itu adalah….”Bagaimana caranya bisa sampai seperti itu?” atau ijinkanlah saya untuk sedikit menyederhanakan pertanyaannya menjadi, “Apa sih langkah awal yang bisa saya lakukan untuk menjadi pembicara profesional?”

Menurut saya pribadi, ini dia tiga langkah awal  yang bisa anda lakukan untuk memulai karir sebagai pembicara profesional:

(1)    Master Your Topic

Sebagai pembicara tentunya ada topik yang akan anda bawakan, dan inilah yang biasanya menjadi alasan utama mengapa audiens mau datang dan mendengarkan anda. Mereka ingin mendapatkan manfaat, meningkatkan kemampuan atau mencapai kesuksesan terkait dengan topik yang anda bawakan (kecuali anda seorang selebritis :), bisa saja mereka datang untuk melihat anda, ketemu anda atau meminta tanda tangan anda).

Oleh karena itu pilihlah topik di mana anda ingin “bermain”, bisa jadi itu topik mengenai properti, investasi, motivasi, komunikasi, kesehatan dll. Pilihlah topik yang memang anda sukai dan anda kuasai. Anda tidak bisa menjadi jago dalam semua topik yang ada. Setiap pembicara punya spesialisasi topik masing-masing, saya sendiri memfokuskan diri di topik komunikasi dan presentasi.

Setelah anda memilih topik, kuasai dan belajarlah secara mendalam di topik tersebut. Pilihlah ahli-ahli atau sumber-sumber di mana anda bisa mempelajari topik yang anda pilih secara lebih mendalam.  Jadilah ahli/expert di topik yang anda pilih. Ada sebuah quote bagus berkata “You are not a speaker, you are an expert who speaks” – Anda bukanlah seorang pembicara, anda adalah seorang ahli yang berbicara –

(2)    Belajarlah ilmu public speaking atau presentasi

Pernahkan anda mendengar guyonan bahwa setiap kali ada professor yang memberikan kuliah pasti semua mahasiswanya terbengong-bengong sampai tertidur karena tidak tahu apa yang dibicarakan?

Di dalam hal ini siapa yang meragukan expertise atau keahlian dari seorang professor, tentunya dia benar-benar ahli di dalam bidang yang digelutinya. Akan tetapi cara menyampaikan sesuatu sehingga mudah diterima dan menarik adalah hal lain lagi yang perlu dipelajari. Public speaking / teknik presentasi akan membantu anda mengenai bagaimana cara menyusun dan menyampaikan konten dengan cara yang mudah dimengerti dan menarik.

Di bagian inilah website kita presentasiefektif.com bisa banyak membantu anda. Silahkan anda cermati artikel-artikel maupun video yang kita sediakan untuk membantu pembelajaran presentasi anda. Saat anda ingin benar-benar mendalami ilmu ini lebih lanjut lagi, saya sarankan untuk bisa bergabung di program Super Presenter Home Study Course. Program ini bisa saya katakan adalah gudangnya ilmu presentasi yang merangkum sekian banyak tips, trik dan teknik presentasi dalam satu tempat.

(3)    Belajarlah bagaimana me-marketingkan diri anda

Setiap bidang usaha tentunya memiliki cara-cara tersendiri untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada khayalak ramai. Dan jikalau anda tidak menguasai ilmu yang satu ini bisa jadi anda adalah seorang pembicara yang hebat dan menarik akan tetapi kesulitan untuk mendapatkan kontrak atau menjual produk yang anda miliki (kecuali anda memutuskan untuk menjadi pembicara untuk organisasi non profit )

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah mulailah memberikan value secara free. Anda bisa saja menawarkan untuk memberikan sebuah sesi di universitas, instansi atau perusahaan, atau di jaman sekarang ini anda bisa menulis artikel, merekam audio atau video anda dan menampilkannya di website. Dan sekali lagi, anda lakukan semuanya itu secara free, tanpa mengharapkan bayaran terlebih dahulu.

Berikanlah orang lain manfaat terlebih dahulu dari ilmu yang anda miliki, selain itu anda juga bisa mendapat umpan balik dari apa yang sudah anda lakukan. Bersamaan dengan itu kumpulkanlah daftar orang-orang yang pernah mendapat manfaat tersebut, mereka adalah calon-calon customer anda di masa mendatang.

Jikalau anda ingin mempelajari hal ini secara lebih detil saya sarankan anda untuk menggoogle nama “Brendon Burchard”, dia adalah pakar di dalam topik memarketingkan diri anda sebagai seorang expert. Dia telah banyak bekerja sama dengan pembicara-pembicara kelas dunia termasuk Tony Robbins, plus banyak sekali konten-konten menarik yang dia berikan secara free.

 

Di salin dari:

http://presentasiefektif.com/3-langkah-awal-menjadi-seorang-public-speaker/

Share Button