Bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk Anda melalui presentasi, maka ulasan dalam artikel ini akan membantu Anda untuk mewujudkannya.

Dalam ulasan ini saya akan sharing tentang tiga kesalahan fatal yang sering terjadi dalam presentasi penjualan produk. Jika Anda mampu menghindari ketiga kesalahan tersebut, maka peluang keberhasilan Anda akan semakin besar.

9-giving-a-presentation

Apa saja ketiga kesalahan tersebut?

  1. Gagal menjembatani apa yang mereka jual dengan manfaat yang akan dirasakan audiens

Berapa kali Anda menghadiri presentasi penjualan produk atau Anda mendapatkan tawaran dari teman atau orang lain tentang produk yang mereka jual? Menurut Anda bagaimana cara mereka menawarkan? Apakah mereka menarik perhatian Anda, atau membuat Anda ingin sekali membeli produk mereka?

Mungkin jawaban Anda akan beragam tapi satu hal yang pasti bahwa kebanyakan presentasi penjualan tidak menarik dan tidak menantang kita untuk membeli. Saya sering melihat presenter lebih asyik membicarakan fitur-fitur dari produk mereka atau jasa yang mereka jual. Dari pada menyampaikan manfaat nyata tentang produk. Kalau pun mereka menyampaikan manfaatnya itu pun sebatas apa yang tertulis dalam brosur yang mereka bagikan. Padahal kita sebagai calon pembeli datang bukan untuk mendengarkan hal itu, yang kita inginkan sebagai pembeli adalah bagaimana kehidupan saya bisa lebih baik dengan produk mereka.

Ada satu prinsip yang harus kita pahami, semua orang suka mendengar sesuatu yang berkaitan dengan diri mereka sendiri. Hal inilah yang harusnya menjadi pegangan kita dalam melakukan presentasi penjualan.

  1. Presenter terlalu lama membahas tentang profil perusahaan dan diri mereka sendiri

Kesalahan kedua yang juga sering dilakukan oleh presenter dalam presentasi penjualan produk adalah terlalu lama membahas tentang profil perusahaan dan diri mereka. Hal ini biasanya dimaksudkan supaya audiens percaya tentang kredibilitas perusahaan dan presenter sebagai pembicara. Namun ini adalah hal yang salah. Kita tidak perlu menjelaskan profil perusahaan dan diri kita secara luas. Kalau pun kita harus menunjukkan itu lakukan dengan singkat dan hanya pon-poinnya saja. Tetap fokuskan diri Anda terhadap kebutuhan audiens. Ini akan jauh lebih baik untuk presentasi penjualan Anda. Ingat audiens itu peduli dengan diri mereka sendiri, bukan Anda sebagai presenter. Mereka hanya tertarik pada apa yang bisa Anda lakukan untuk mereka bukan apa yang bisa mereka lakukan untuk Anda.

  1. Terlalu tergantung dengan powerpoint

Presentasi penjualan produk dengan bantuan powerpoint saat ini sudah tidak asing lagi. Namun sayang banyak presenter tidak bisa menggunakannya dengan efektif. Alih-alih mereka menggunakan powerpoint untuk membantu mereka melakukan presentasi, tapi ternyata mereka telah terbunuh oleh powerpoint mereka sendiri. Powerpoint mereka tidak menarik, tidak efektif, yang lebih parah lagi dalam melakukan presentasi mereka membaca powerpoint. Ini jelas sebuah kesalahan besar.

Jika Anda tidak ingin terbunuh oleh powerpoint maka belajarlah untuk membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan menarik serta berlatih bagaimana membawakannya dalam presentasi. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari kesalahan fatal ini.

Demikianlah tiga kesalahan fatal dalam presentasi penjualan produk. Supaya Anda dapat terhindar kesalahan-kesalahan tersebut. Pastikan bahwa Anda mengetahui produk Anda dengan baik, manfaat produk Anda untuk audiens dan siapa audiens yang tepat untuk menggunakan produk Anda. Karena salah menentukan nice market, maka peluang keberhasilan juga akan kecil. Selain itu Anda harus meningkatkan keterampilan presentasi Anda baik dalam membawakan maupun membuat slide presentasi yang efektif dan menarik.

Disalin dari http://www.ronapresentasi.com/3-kesalahan-fatal-dalam-presentasi-penjualan-produk/

Share Button
AdminPresentation SkillSales & Business PresentationBagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk Anda melalui presentasi, maka ulasan dalam artikel ini akan membantu Anda untuk mewujudkannya. Dalam ulasan ini saya akan sharing tentang tiga kesalahan fatal yang sering terjadi dalam presentasi penjualan produk. Jika Anda mampu menghindari ketiga kesalahan tersebut, maka peluang keberhasilan Anda akan semakin...website pembelajar public speaking indonesia