Untitled Ponijan Liaw dalam bukunya “Talk To Your Customer This Way” menyampaikan ada 10 cara untuk mempengaruhi customer melalui seni berkomunikasi. Komunikasi disini bukan hanya sekedar menyampaikan informasi tanpa memperhatikan perasaan orang lain, tapi komunikasi yang diberi muatan khusus akan sasaran / target yg ingin dicapai. Berikut adalah kesepuluh cara tersebut, yang dilansir dari mebiso.com:

1. Ciptakan kesan pertama yang bagus
Ciptakan kesan pertama yang luar biasa. Tidak akan ada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Kesan ini dapat diciptakan melalui senyuman tulus, busana yang sesuai, jabat tangan yang hangat, ketepatan waktu janji, bahasa tubuh yang sopan, jujur dan terstruktur saat bicara, dan sejenisnya.

2. Gunakan kalimat yang singkat
Para komunikator tidak dianjurkan untuk menggunakan kata – kata yang rumit dan panjang supaya tidak mengaburkan substansi pesan dan juga bisa melelahkan pendengarnya. Bahkan bisa terjadi kesalahpahaman jika kata – kata yang digunakan terlalu rumit.

3. Keep smile
Senyuman itu menular. Senyuman itu seperti cermin. Jika Anda tersenyum balasannya pasti juga senyuman.

4. Be helpful
Kesediaan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh konsumen /pelanggan kapanpun mereka menginginkannya.

5. Gunakan kalimat positif
Konsumen /pelanggan mengharapkan kata – kata yang positif karena rangkaian kata ini akan membuat pendengarnya optimis, percaya diri, semangat, inovatif, kreatif, enerjik, bahagia dan sejenisnya.

6. Bicara dengan antusiasme tinggi
Konsumen / pelanggan tertarik pada kata – yang diucapkan dengan penuh semangat.

7. Biarkan mata berbicara
Konsumen / pelanggan akan lebih merasa nyaman bila tatapan mata hormat, bermartabat dan sopan ditampilkan kepada pelanggan.

8. Be sincere
Ketulusan, walaupun tidak bersuara akan terdengar dan terlihat jelas melalui guratan wajah dan gerak gerik bahasa tubuh.

9. Keep your emotion
Para sales people tidak boleh terpancing emosi negatif saat ada keluhan / komplain yang diungkapkan secara tidak simpatik oleh para konsumen. Setiap sales people harus bisa menahan emosi.

10. Jaga attitude anda
Yang lebih penting dan bernilai buat para konsumen / pelanggan itu bukanlah konstruksi atau dekorasi luar seseorang. Yang ada di dalam lah yang sejatinya jauh lebih menetukan nilai diri seseorang.

Selanjutnya customer akan senang berkomunikasi dengan anda.

Share Button
TrainerHeartSpeaks IndonesiaPonijan Liaw dalam bukunya “Talk To Your Customer This Way” menyampaikan ada 10 cara untuk mempengaruhi customer melalui seni berkomunikasi. Komunikasi disini bukan hanya sekedar menyampaikan informasi tanpa memperhatikan perasaan orang lain, tapi komunikasi yang diberi muatan khusus akan sasaran / target yg ingin dicapai. Berikut adalah kesepuluh...website pembelajar public speaking indonesia