pup6

Belum pernah bertemu calon mertua ? Mungkin di akhir pekan bisa jadi saat yang tepat untuk berkenalan dengan keluarga kekasih Anda. Manfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya. Beri kesan yang baik mulai saat memperkenalkan diri. Tentunya momen tersebut akan terasa sangat menegangkan, tapi akan baik-baik saja bila Anda mempersiapkan segala hal mulai dari baju yang perlu dipakai, cara berkomunikasi, hingga berperilaku. Yang terpenting adalah tenang dan jadi diri sendiri. Simak tips di bawah ini untuk membantu Anda menghadapi calon mertua untuk pertama kali.

1. Ketika bertemu calon ibu mertua, jangan lupa untuk selipkan pujian saat mengobrol. Misalnya berikan pujian terhadap makanan yang dihidangkan pada saat itu. Tentunya calon ibu mertua akan merasa senang karena hal itu menunjukkan bahwa Anda peduli dan mengormatinya.

2. Perlihatkan ketertarikan mengenai kehidupan keluarga kekasih Anda. Jangan takut untuk bertanya tentang kehidupan sang calon mertua, tapi jangan terlalu dalam hingga menyentuh ‘ranah’ pribadi. Dengan begitu Anda akan lebih memahami calon keluarga nantinya.

3. Jangan ragu untuk ikut dalam kegiatan keluarga. Suatu saat nanti Anda juga akan menjadi bagian dari keluarga tersebut, jadi lebih baik mulai biasakan diri untuk bergabung dengan keluarganya.

4. Hormati tempat tinggal keluarga si dia. Ikuti aturan yang berlaku dan jaga sikap selama berada dalam rumah itu. Misalnya jangan sekali-kali mencuci piring setelah makan kecuali diminta untuk membantu. Mungkin niat Anda baik, tapi bisa jadi Anda justru dianggap sudah melanggar ‘teritori’ rumah tangga calon ibu mertua. Tetaplah bersikap sebagai tamu yang mengormati tuan rumahnya.

5. Kenakan pakaian yang sopan. Hindari memakai mini dress atau atasan berbelahan rendah. Sesuaikan pakaian Anda dan jangan lupa sedikit berdandan agar terlihat menarik.

6. Usahakan untuk bisa menjalin percakapan yang seru dengan keluarga pasangan. Ceritakan tentang asal usul Anda dan hal-hal apa saja yang selama ini telah diceritakan oleh kekasih. Ini saat yang tepat untuk menunjukkan siapa diri Anda, potensi diri dan mengapa kekasih anda bisa jatuh cinta.

7. Bawa hadiah atau bingkisan. Tidak perlu berupa barang yang mahal. Yang terpenting adalah bingkisan itu menunjukkan rasa peduli Anda. Membawa kue atau pudding yang Anda buat sendiri sudah cukup untuk membuat seisi rumah merasa dihargai.

8. Jangan lupa untuk bertanya kepada kekasih mengenai keluarganya. Jangan sampai Anda tidak tahu apa-apa ketika sudah masuk ke dalam rumah. Ketika sudah tahu sedikit, akan lebih mudah untuk mencari topik pembicaraan dan dekat dengan mereka.

9. Jangan sampai terlalu fokus untuk mendekati calon mertua sehingga Anda melupakan pacar. Anda tetap harus berbicara dan memperhatikannya sehingga keluarganya bisa melihat mengapa ia jatuh cinta dengan anda.

10. Bersikaplah tulus dan apa adanya. Tidak salah bila merasa gugup dan berusaha untuk mengesankan calon mertua tetapi jangan sampai usaha Anda tersebut membuat Anda jadi orang lain. Tetap jadi diri sendiri, dengan tetap memperhatikan etika dan norma yang ada.

(hst/hst)

Sumber: http://wolipop.detik.com/

Share Button
AdminInterpersonal CommunicationBelum pernah bertemu calon mertua ? Mungkin di akhir pekan bisa jadi saat yang tepat untuk berkenalan dengan keluarga kekasih Anda. Manfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya. Beri kesan yang baik mulai saat memperkenalkan diri. Tentunya momen tersebut akan terasa sangat menegangkan, tapi akan baik-baik saja bila Anda mempersiapkan segala...website pembelajar public speaking indonesia